Top 3 Ingredients Terbaik, Perawatan Sederhana Kulit Sehat & Glowing

What else to do when nothing works??


Assalamualaikum, besties...

Seringkali minyak di wajah membuat kita tampil kurang percaya diri. Tak sedikit pula sahabat besties yang terus-menerus mencuci wajah atau menggunakan oil paper berulang kali demi menyusutkan kilau minyak di wajah. Padahal, minyak di wajah tidak sepenuhnya buruk loh. Selain air, ternyata minyak juga diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit.

Kita bahas, yuk...

Dikutip dari Affi Assegaf, beauty influencer dan CEO-founder Female Daily Network, mengatakan bahwa selain membutuhkan air, kulit juga membutuhkan minyak untuk menjaga keseimbangannya. Taukah sahabat besties kalau Sebum atau minyak alami wajah adalah salah satu anti-aging alami kulit?

Membuang Sebum secara berlebihan akibat pemakaian oil paper atau mencuci wajah secara berulang, juga pemilihan sabun pencuci wajah yang kurang tepat dapat mempengaruhi fungsi Sebum itu sendiri sebagai penjaga keelastisan dan kekenyalan alami kulit.

Saat tubuh kita menangkap sinyal bahwa kulit kehabisan Sebum, tubuh akan memerintahkan kulit untuk memproduksi Sebum lagi. Artinya, semakin banyak Sebum yang dibuang, semakin banyak pula Sebum yang diproduksi. Padahal, Sebum seharusnya bisa dikendalikan loh besties, bukan dibuang.

Menurut satu lagi skincare expert dan owner IU-Nature, Indra Januar mengatakan bahwa orang-orang dengan kulit berminyak memiliki level keaktifan kelenjar Sebum yang lebih tinggi, sehingga intensitas produksi Sebum cenderung lebih banyak. Sedangkan air, selain untuk melembabkan, juga berfungsi menjaga kekuatan tameng alami kulit yaitu skin barrier. Sebagai tameng, skin barrier berfungsi melindungi air yang sudah ada di dalam kulit kita agar tidak keluar atau menguap secara berlebihan. Pula melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

Wajib diwaspadai yaa sahabat besties, rusaknya skin barrier dapat membuat kulit cepat kehilangan kelembabannya, rentan kering, sensitive dan iritasi. Kalau sudah seperti ini, bisa berbahaya loh.

Kekurangan air dan produksi Sebum yang berlebihan dapat membuat kulit lebih mudah terpapar kotoran dan bakteri penyebab jerawat dan menimbulkan garis-garis halus dan kerutan, "karena kelembaban yang seimbang adalah tuan dari kulit sehat & glowing." Itulah sebabnya penting untuk menjaga keseimbangan keduanya, yaitu minyak dan air.

Setelah memahami konsep dasar kebutuhan kulit, penting bagi sahabat besties untuk jeli dan teliti memilih daily skincare terutama sabun pencuci muka. Sebagai garda terdepan skincare routine, pemilihan sabun pencuci muka harus dipilih dengan cermat.

Kali ini penulis ingin berbagi tips sederhana seputar ingredients yang bisa sahabat besties jadikan pertimbangan dalam pemilihan produk perawatan kulit.

Let's check them out! 

1. Virgin Coconut Oil

Beragam produk perawatan kulit seperti sabun pencuci muka dan moisturizer mulai menambahkan oil sebagai salah satu kandungannya. Banyak jenis oil yang akrab terdengar dipasaran seperti Jojoba oil, Argan Oil, Olive Oil dan Virgin Coconut Oil.

Virgin Coconut Oil menjadi salah satu oil yang banyak diminati konsumen dan produsen kecantikan karena manfaatnya yang sangat baik untuk kulit. Dikutip dari Sebu, VCO bermanfaat untuk:

  • Membunuh mikroorganisme berbahaya,
  • Menyembuhkan jerawat,
  • Mengurangi peradangan seperti dermatitis kontak dan eksim,
  • Merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit, dan 
  • Membantu penyembuhan luka.
Sederet manfaat inilah yang membuat VCO ramai digemari oleh para sahabat besties sebagai salah satu kandungan favorite produk perawatan kulit khususnya sabun pencuci muka.

2. Olive Oil (Minyak Zaitun)

    Tak hanya VCO, Olive Oil atau Minyak Zaitun juga memiliki rentetan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Lama sebelum menjamurnya trend face oil, Minyak Zaitun sudah digunakan oleh para wanita Mesir sejak zaman Mesir Kuno. Mungkinkah ini adalah rahasia kecantikan putri Cleopatra, besties?

Dikutip dari Sebu, Minyak Zaitun bermanfaat untuk:

  • Melembabkan kulit dan membuat kulit lebih glowing,
  • Anti-aging,
  • Mengatasi ruam dan iritasi pada kulit,
  • Menghilangkan mata panda, dan
  • Mengecilkan pori-pori.
    Tak hanya itu, Minyak Zaitun juga terkatagori sebagai minyak dengan kandungan lemak baik 5 sampai 10 kali lebih banyak dibandingkan minyak lain. Asam Oleat yang terdapat pada Minyak Zaitun juga dipercaya bisa meredakan peradangan (source: Gomuslim.com).

3. Madu

    Selain elastisitas dan kekenyalan, kelembaban juga tak kalah penting untuk dijaga. Selain kecukupan cairan dari dalam, kulit terutama kulit wajah juga memerlukan extra kelembaban dari luar. Penggunaan moisturizer atau pelembab sangat disarankan untuk mempertahankan kelembaban alami kulit. Bahan penyusun sabun pencuci muka juga harus diperhatikan dengan teliti, agar tidak menguras minyak alami wajah secara berlebihan.

Madu menjadi salah satu kandungan moisturizer dan sabun pencuci muka yang layak dipertimbangkan. Menurut Sayurbox.com, Madu kaya akan vitamin, mineral dan antioksidant. Vitamin C, B2, B3, B5, B6 dan B9 yang ada pada madu dipercaya baik untuk melembabkan, mencerahkan, menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. 

    Dikutip dari Sebu, Madu memiliki manfaat lain untuk kecantikan, yaitu:

  • Pelembab alami kulit,
  • Mengangkat sel-sel kulit mati,
  • Menghilangkan komedo,
  • Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat,
  • Menghilangkan flek hitam,
  • Mengecilkan pori-pori, dan
  • Menghaluskan kulit.

Itulah ketiga ingredients yang layak dipertimbangkan eksistensinya saat memilih produk perawatan kulit. Ketiga bahan diatas terkatagori sebagai gentle ingredients yang diperkirakan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat dan sensitive.

Salah satu brand skincare local kebanggaan Indonesia, mengusung konsep sabun pencuci muka dengan ingredients alami, tanpa bahan kimia berbahaya seperti pengawet, pewarna sintetis, fragrance dan alkohol, sehingga aman digunakan untuk  semua jenis kulit, wanita maupun pria, khususnya pemilik kulit berminyak dan cenderung sensitive.

"Sebu Moist Glow hadir dengan kolaborasi epic dari 3 ingredients terbaik untuk perawatan kulit sehat dan glowing, yaitu Virgin Coconut Oil, Olive Oil dan madu. Kandungan lain seperti Minyak Sawit, Hidrolized Collagen, Ekstract Lemon, Glutathione dan Spirulina berpadu menjadi sabun pencuci muka dengan PH-balance yang gentle dan aman untuk wanita hamil dan ibu menyusui."

Selain itu Sabun Sebu juga sudah bersertifikat Halal MUI dan terdaftar di BPOM.

Untuk sahabat besties yang tertarik ingin mencoba dan membuktikan sendiri kemampuannya, Sebu Moist Glow dijual secara online melalui Official WebsiteTokopedia, dan Shopee. Asyikkk... bisa free ongkir nih.

Atau Sahabat besties bisa menghubungi Official Whatsapp Sabun Sebu di 0811-2435-658 untuk berkonsultasi secara langsung. Feel free to ask yaa, admin mereka ramah-ramah loh.

Tak hanya Sebu Moist Glow, Sabun Sebu juga memiliki variant lain yaitu Sebu Antiseptik. Untuk informasi lebih detail, kalian bisa mengunjungi Website Official Sebu www.sabunsebu.com 

Sahabat besties juga tak perlu khawatir soal harga. Sebu Moist Glow dan Sebu Antiseptik dibandrol dengan harga yang affordable. Cantik tidak harus mahal kan?

Well sahabat besties, semoga ulasan singkat ini bermanfaat. See you in my next post. Catch you there...


Keep in touch with me by following my other social media

Instagram : @ssesaputri











Comments

  1. bermanfaat sekali tulisannya, akhirnya bisa ngerti gimana cara ngontrol sebum yang baik dan benar, dan jadi penasaran sama sabunnya

    ReplyDelete
  2. aku sempat breakout dan memang sembuh pakai olive oil. jadi penasaran sama sabunnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalin jejak yaa...